Explore Dieng Plateu - Wonosobo

Sunday, September 11, 2016

Hai!
aku mau cerita tentang pengalaman jalan-jalan aku beserta kedua adikku ke Dieng dan naik Gunung Prau di Wonosobo! hehe iyaa nadia naik gunung! kita mau mendaki gunung prau! pertama kalinya naik gunung nih untukku.

Aku mendapat ilham (cailah, ilham) untuk pergi ke dieng bcs adik perempuan aku, minie ulang tahun. berhubung ke dua adik aku ini suka naik gunung dan sering mendaki gunung, bikin kakaknya mupeng, jadi pengen.

Setelah browsing - browsing langsung jatuh cinta sama dieng beserta gunung prau-nya yang cantik banget + ada bunga daisynya! gunung perempuan banget, fotoable banget, instagramable banget dan cucok untuk pemula sepertiku!

Karena aku cuma bertiga, aku ikut open trip gitu karena beberapa hal juga sih, karena :
  1. Pertama ya karena gak mungkin mendaki cuma bertiga bisa hilang kita digunung
  2. Ga mungkin bawa-bawa tenda kompor dll berat buk bertigaan aja :p
  3. Karena gak mau repot dan mau nikmatin perjalanan aja sesuai jadwal gitu... ya intinya karena kurang pengalaman mendaki dan gak punya banyak perlatan untuk naik gunung :D

tips untuk pemula : ikut open trip! sangaaaat sangat membantu dan menambah teman!

Aku nyari-nyari travel yang mengadakan open trip murah dan pas waktunya, alhamdulillah banget dapet guide open trip yang baik banget diem tapi sudah menguasai gunung! haha namanya mas zaim aku sangat merekomendasikan ikut open trip mas zain because dia sering naik gunung, berpengalaman dan bukan eksplorer traveler dll dia cuma hobi! kalau mau ikut open trip mas zaim minta kontaknya ke aku ya!

Biaya ikutan open trip :
  1. all in 540 ribu (ada yang bilang mahal ada yang bilang murah, kalau menurut aku untuk sendiri murah sekali tapi kalau bertiga jadi mahal! haha).
  2. include : perlengkapan hidup di gunung (tenda, kompor, air panas), biaya bis PP jakarta - dieng, makan berar 5x apa ya dijamin kenyang, tour dieng plateu + kenalan sama temen-temen baru.
  3. exclude : jajan pribadi. aku sendiri bawa uang 300ribu aja masih sisa banyaak bgt/
tips untuk pemula : perjalanan akan lebih asik apabila kalian segrup dengan teman-teman baru yang welcome! perjalanan 3 hari 2 malam jadi tak terasa, sesudahnya jd seperti keluarga.

Perjalananya di mulai dengan menaiki bis Damri dari terminal kemayoran jam 8 malem menuju wonosobo! perjalanan bis malem enak banget, aku tidur sepanjang jalan hahaha selalu tidur kalau lampu dimatiin. bobo nyenyak seperti dirumah. Sekitar jam 6 pagi kami rombongan ber 16 (yang saat itu udah langsung akrab kaya saudara sendiri) sarapan dulu di terminal wonosobo, makan mie soto pake telor biar kuat hehe

Terus abis itu karena hujan deres bannget kita nunggu dijemput sama bis sewaan grup kita.. Langsung cus menuju dataran tinggi dieng so happy! sayangnya cuaca masih hujan deras dan dingin dingin segar gitu.

Perjalanan dari terminal wonosobo ke dataran tinggi dieng memakan waktu sekitar 1 jaman (itu kalau gak macet ya) kemudian kami diantar ke losmen yang udah disewa untung bersih - bersih karena tour kita sudah di mulai exicited sekaliiii.

Jadwal pagi ini itu setelah beberes di losmen kita akan berwisata keliling dieng plateu !

Menuju dataran tinggi dieng

Terminal Dieng

Cuaca masih hujan rintik-rintik dan dingin sekali, parah. Kita kan mau keliling dieng plateu, eh pas sampai di depan terminal dieng ada tulisan hits dieng, langsung berentiin bis buat "Foto!" haha hebih deh grup open trip aku dikit-dikit foto jadi tinggal gaya aja :D

Besoknya aku baru sadar kalau didepan tulisan ini adalah jalur pendakian gunung prau via dieng.

Group  Open Trip Mas Zaim

Kompleks Candi Arjuna

Jadi setelah aku baca-baca ini tuh kompleks percandian arjuna, karena gak hanya ada candi arjuna ada juga candi semar, candi srikandi dll jadi penasaran dulu gimana ya para orang-orang hindu membuat candi didataran setinggi ini? terus setiap canti yang di bangun cantik - cantik sekali.
Di tempat candi ini banyak sekali wisatawan luar yang datang untuk ziarah jadi banyak lagu-lagu hindu yang dinyanyikan didalam candi, bikin suasana menjadi mistis mana lagi hujan....

Walaupun hujan angin, tetep semangat buat foto- foto dan keliling! soalnya sayang banget kalo ga keliling buat liat - liat pemandangan komplek percandian yang cantik ini.

Tips : Pakai baju hangat, karena pada saat hujan angin bikin gemetaran gitu. tenaang untuk payung kalian bisa sewa payung besar seharga Rp 5000 per payung.

tetep ya, kalau ada bunga harus foto!
aku saltum ya harusnya untuk tour dieng plateu gak usah pakai seoatu dan bawa bawa tas...

Kawah Sikidang

Kawah sikidang ini semacam kawah putih di ciwidey dan viewnya semacam eh mirip-mirip gunung papandayan hehe gitu katanya. Bau belerangnya kuat sih, tapi kalau aku pribadi biasa aja nyiumnya karena Udah sering nyium belerang buat ngilangin jerawat di muka :( disini kita bisa jajan gorengan kentang + ngeteh karena dieng produksi kentang, jadi gorengan kentang sangat berlimpah, lumayan untuk mengganjal perut karena udah laper lagi hehe

Pas di kawah sikidang udah ga hujan lagi alhamdulillah, cuma masih mendung belum ada mataharinya.

3 saudara goes to dieng!

Photo boom with my baby owl, Boboo

Batu Ratapangan Angin

Dari judul nama tempatnya awalnya aku mikir kok galau banget nih tempat buat meratap atau gimana, ternyata ini tempat hitz dieng ya harus banget masuk list kalau ke dieng. gak afdol ke dieng kalau ga foto disini.

tempatnya ga jauh dari kawah sikidang, kita harus manjat manjat sedikit untuk sampai di batu ratapan angin, untuk liat pemandangan seindah ini.....

carica!
OOTD dieng plateu.
Setelah habis dari batu ratapan angin, kita kembali lagi ke losmen untuk makan siang dan siap-siap mendaki gunung! rasanya deg-degan takut ga kuat naiknya takut kalau ada apa apa, mana aku lagi menstruasi hari pertama jadinya was was banget.

alhamdulillah, everythings going fine. Thank you sooo much god cerita tentang mendaki gunung prau-nya di post setelah ini ya!