tryin handlettering and watercolor

Friday, March 17, 2017

Watercolor.
aku lagi senang-senangnya mengembangkan "kreatifitas" yang aku punya (kayaknya) untuk mencoba belajar cat air atau watercolor. So happy akhirnya kebeli juga peralatan dasar paintingnya, seperti Cat Air, Kertas Watercolor dan tentunya brush.

Untuk awal-awal belajar, aku beli peralatanya yang mura-mura aja takutnya malah "gak bisa" dan malah jadi mubazir gitu. Aku beli cat air simbalion di gramedia harganya sekitar 40 ribuan gak mahal kok! yang 8 warna dasar dulu. untuk sisa warna lainya aku mix&match sendiri! sesuai kreatifitas aja ya buk-ibuk.

Terus kertasnya awalnya aku belajar pakai HVS, terus Kertas Drawing Book, terus beli watercolor paper merk ARTEMEDIA yang super muraah terus ukuranya pas, mantap jiwa! isi 12 lembar cuma uk A6 200grm hanya10 ribu cuy, ada juga yang A5 harganya 20ribuan, aku belinya di Paperclip. dan menurut aku kertasnya cucok bgt buat yang lagi belajar.

Seru bangeet yawlaa pas aku tau ternyata belajar cat air itu! karena aku suka mengeksplor warna dan emang suka juga ngegambar, apalagi bunga-bungaan, jadi semangat gitu buat belajar dan bisa main cat ini. Kalian bisa cek review simbalion watercolor cake disini : Simbalion !


Awal-awal megang kuas dan bermain dengan cat rasanya kaku! dan mikir "kok bunga gue kaku amat sih?" "kok bunganya begini?" hehe maklum anak baru belajar tp udah pengen jago :p

Selain bermain di cat air, aku juga belajar sedikit-sedikit handlettering atau tulisan sambung. wuhuuu kalau yang ini aku lebih semangat lagi untuk mempelajarinya, tulisan sehari-hari aku emang sambung walaupun ga bagus dan jauh banget dari tipe handlettering haha awalnya belajar lettering juga aku pake spidol biasa yang snowman atau pakai pensil terus aku tebalin, katanya tulisan seperti ini itu 

Jadi untuk lettering sendiri, kamu yang ingin belajar harus memakai pen khusus. nanti aku jelasin ya di blog lainya tentang lettering aku yang sudah semakin pintar :p tapi ingaat, snowman lah yang membuat tulisan aku jadi ga kaku. karena kalau tanganmu sudah terbiasa memegang pen untuk menulis sambung, pakai pen apapun jadinya lebih mudah. tinggal dilatih aja biar jago!

 

masih pakai snowman nih, sama masih belum jago mix&match color :D
Terus terus aku juga nafsuan banget kan belajarnya, langsung sok-sokan belajar ilustrasi gitu eh tetotototototot gak bisa! jelek bener! haha jangan keburu nafsu ya pas belajar! pelan-pelan dulu....


Aku berlatih terus, tiap balik kerja, tiap weekend kepingin bisa gitu. Lama-lama inspirasi mulai menipis jadi capek sendiri, kenapa susah bener ya haha alhamdulillah berkat latihan jadi "agak" membaik dan gak keliatan kaku.

My favo quotes
Painting yang aku buat untuk mama di hari ibu
I love cat! so ini wajib ya belajar melukis kucing.



Yang diatas, adalah contoh lukisan aku pertama kalinya hehe lumayan kan? yang penting ya latihan terus setiap hari, eksplor warna, nyoba segala jenis. abisin aja kertasnya haha ntar lama-lama juga nemu cara enak untuk memegang kuas, cara enak mencampur warna.

aku melukis ini untuk say thank you ke seseorang yang uda bikin seneng, walaupun ujungnya sad ending :D

Watercolor painting itu bener-bener nyenengin, ngilangin stress, gak mahal dan "bisa menghasilkan uang" dari pada mahal-mahal harus beli coloring book yang bakalan bikin bosen, mending warnain sendiri kan sekalian menggali bakat terpendam haha!

Nanti di post selanjutnya aku akan menceritan handlettering aku menggunakan pentel brush pen, dan cat air yang aku beli (lebih banyak warna tetapi merknya sama, simbalion muraaah euy) sama gambar-gambar baru aku juga, kali aja ada yg minat! amin.

Xoxo,

Nadia Amanda.

2 comments:

  1. Halo min, min mau tanyaa.. Apa pernah coba hand lettering pake tombow dual brush pen di kertas artemedia? Apa cukup halus biar pen nya gak cepet rusak? :") Makasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi ! Aku belum pernah mencoba tombow dual brush pen di watercolor paper-nya ArteMedia, tetapi aku pernah mencobanya dengan Snowman brushpen yang menurutku brushnya memiliki tekstur yang sama. Agar tidak cepat rusak, enaknya memakainya pelan-pelan tidak di tekan, tapi sepertinya itu memang kelemahan brushpen ya, cepet rusak ujungnya walaupun dipakai di kertas Hvs :D

      Delete

 photo envye.jpg
envye blogger theme